Tuesday 16 July 2013

Saatnya Berhijab Saatnya Hijrah



My Different Colour

Gairah hijab yang membahana mengingatkan saya pada seorang artis senior Inneke Koesherawati. Sekitar sepuluh tahun lalu, saya pernah bertemu dengannya dalam sebuah event launching butik ternama di Surabaya. Di tengah wawancara saya dengannya, muncul seorang fotografer sebuah tabloid  ‘gosip’. 

Entah apa yang ada di benak sang fotografer, tiba-tiba menyela wawancara saya dan menggoda Inneke dengan mengatakan bahwa sang fotografer menyimpan foto-foto Inneke ketika sebelum berhijab.
Peristiwa ini kontan membuat Inneke sedikit kaget. Namun demikian, Inneke yang telah istiqomah menjadi muslimah secara kaffah ini tetap mencoba tenang. Dengan santun pula, Inneke menjawab selaan sang fotografer. 

Menurutnya foto-foto itu adalah masa jahiliah yang tak perlu diingat. Baginya, komitmen hijab tak hanya sebuah komitmen untuk menutup aurat, tapi juga  untuk menjaga amanah Allah. Subhanallah.

@aimeeharis

Apa yang dikatakan Inneke sungguh membuat saya tertegun. Perubahan drastis yang dilakukan seorang Inneke sudah pasti membuat kita kagum. Bukan hal mudah untuk meninggalkan kesenangan, keglamoran, dan kebebasan. Namun, Inneke adalah salah satu muslimah yang bisa ‘hijrah’ demi sebuah keindahan yang hakiki.

Kini, telah muncul Inneke-Inneke yang lain. Mereka berhijab dengan busana muslimah yang santun serta jilbab yang menarik. Walau mungkin awalnya hanya mengikuti tren, namun saya menghargai sebagai sebuah hidayah yang indah untuk mereka. Toh, tak sedikit dari para muslimah tersebut yang memang benar-benar ingin berhijab secara kaffah.


No comments: