Friday 4 January 2013

RESOLUSI vs TARGET


Tabloid MODIS edisi terbaru. Designed by Tsani
      Pada akhir tahun, biasanya banyak orang membuat resolusi. Dan pada saat itu juga, banyak pula yang menyesali karena resolusi tahun sebelumnya tak terwujud. Sampai akhirnya, muncul kata-kata, ‘resolusi saya, ya melanjutkan resolusi tahun kemarin’.
      Hmm, sebenarnya boleh saja hal itu terungkap. Namun, ada baiknya setiap akan membuat resolusi, anda harus tahu penyebab mengapa resolusi anda selalu gagal terwujud. Ini dilakukan untuk meminimalisir kegagalan sehingga anda lebih hati-hati dalam membuat resolusi.
      Mungkin ada yang bilang resolusi adalah cita-cita yang harus digantungkan setinggi lain. Padahal tidaklah demikian. Mimpi memang harus tinggi, namun harus tetap disesuaikan dengan realita yang sedang anda hadapi dan kemungkinan apa yang akan terjadi.
      Salah satu penyebab resolusi gagal terwujud adalah adanya keinginan yang instant. Misalnya, resolusi untuk diet, resolusi untuk rajin olah raga. Tindakan yang mudah & jangka pendek tidak perlu dimasukkan dalam resolusi, bertindaklah sekarang juga. Ketika tindakan yang mudah dimasukkan resolusi itu sebernarnya sedang beralasan untuk melakukan penundaan.
      Seorang pakar mengatakan, resolusi akan efektif bila berisi proyek jangka panjang, yang butuh waktu kurang lebih 1 tahun untuk mencapainya. Misalnya, resolusi tesis 1 semester, resolusi membeli rumah, dan sebagainya.
      Sekali lagi, membuat resolusi juga harus ada perhitungannya. Bukan sekedar egoisme belaka. Misalnya, resolusi punya mobil 10. padahal satu aja masih belum ada. Jelas resolusi itu langsung terasa kesan serakahnya. Semakin egois suatu resolusi, semakin sedikit kemungkinanya untuk terwujud.
      Satu tahun waktu yang tidak sebentar. Sepanjang rentang waktu itu, kita menangani banyak urusan dan tanggung jawab. Kita pun dituntut memprioritaskan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Biasanya, urusan jangka panjang akan diabaikan demi menyelesaikan urusan sesaat.
      Oleh karena itu, resolusi harus dibuat tak terlupakan. Dan sebenarnya banyak cara yang bisa mensugesti anda untuk tetap ingat pada resolusi yang sudah anda tulis. Sugesti bisa berupa gambar dari yang anda cita-citakan atapun benda unik sebagai pengingat.
      Semoga, resolusi yang anda tulis dan rencanakan bisa sesuai target yang diinginkan. Untuk mewujudkan itu semua tidak dengan diam tapi harus tetap move on. Bergerak dengan ide yang cemerlang serta usaha yang keras. Berusaha merupakan syarat untuk tercapainya sesuatu.

Ingatlah, "Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib sesuatu kaum kecuali mereka sendiri yang merubahnya " ( Ar-ra'd:11 ). 

@aimeeharis

No comments: